3 Ikan Laut Konsumsi Paling Disukai Orang Indonesia

1. Ikan Teri
Ikan Teri channel488
Ikan Teri - img : diari.uib
Ikan teri atau ikan bilis adalah sebutan umum Indonesia bagi ikan- ikan kecil yang pada umumnya dijual dipasaran dengan bentuk ikan asin. Ikan Teri merupakan ikan-ikan kecil anggota keluarga Engraulidae. Meski pun anggota Engraulidae ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Ikan-ikan keluarga Engraulidae ini banyak menyebar dihampir semua perairan di Dunia, Keluarga atau Famili ikan ini memiliki sekitar 133 spesies dalam 17 genera.

Nama Internasional : Anchovies
Nama Ilmiah : Engraulidae


2. Ikan Tongkol
Ikan Tongkol channel488
Ikan Tongkol - img : dpa
Ikan Tongkol, tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik adalah ikan laut konsumsi yang hidup di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat. Ikan Tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Ikan yang dipasar tradisional banyak dijual berbentuk pindang ini dapat tumbuh hingga panjang sekitar 1 meter dengan berat 14 kg.

Nama Internasional : Kawakawa, Little tuna, Mackerel tuna, atau False albacore.
Nama Ilmiah : Euthynnus affinis  (Cantor, 1849)


3. Ikan Tuna
Ikan Tuna channel488
Ikan Tuna - img : suarakawan
Ikan Tuna adalah termasuk ikan konsumsi air laut yang memiliki banyak jenis dan spesiesnya. Jenis-jenis Ikan Tuna yang terpenting untuk dijadikan ikan komersial dan olahraga memancing adalah madidihang, tuna mata besar, tuna-tuna sirip biru dan tatihu, albakor, dan cakalang. Panjang maksimal Ikan yang dapat hidup hingga 50 tahun ini bisa mencapai sekitar 4,6 meter dengan berat maksimal "tercatat" 685 kg "tergantung spesiesnya".

Jenis-jenisnya : Slender tunas, Frigate tunas, Little tunas, Cocinal tunas, Albacores (true tunas)
Nama Ilmiah : Thunnini (Starks, 1910)

0 komentar